Minggu, 10 Agustus 2014

PEMPEK KULIT GARING



Semenjak aku jualan pempek, setiap abis menguliti daging ikan tenggiri kulitnya selalu aku buang. aku ngga pernah membuat pempek kulit, karena selain ngga bisa mengolahnya ada rasa gimanaaaaaa gituuuu…. utk memakannya ^_^  
Tapi kata kakakku yg tinggal di palembang , kulitnya jangan di buang, sayaaang….
Lalu di kasihlah resep yang dia bilang enak dan crispy

Akhirnya aku mencoba membuat pempek kulit ini, percobaan pertama masih terasa bau amis,
Lalu lain waktu aku mencoba lagi tapi sebelum di buat kulit yg sudah di giling aku siram air jeruk nipis / cuka, dan hasilnya memuaskan, anak2 ku sekarang malah seneng makan pempek kulit ini karena crispy di luar dan lembut di dalam ^_^




Untuk resep sudah aku utak atik hingga mendapatkan resep yg pas menurut aku

 PEMPEK KULIT

By nani
Bahan:
  • 500 gr kulit ikan tenggiri giling
  • 100 gr daging ikan tenggiri giling
  • 3 butir telur ayam
  • 50 gr bawang merah haluskan
  • 50 gr bawang putih  haluskan
  • 1 sdt lada
  • 1 sdm tepung terigu
  • 350-400 gr sagu (seperlunya)
  • 2 sdm peres garam
  • daun bawang secukupnya

Cara membuat:
    1. campur daging dan kulit ikan + telur + bawang halus, aduk rata
    2. masukkan garam
    3. setelah tercampur rata baru masukkan terigu dan sagu secukupnya
    4. adonan pempek kulit ini agak lengket di tangan, sewaktu membentuknya lumuri tangan dengan tepung terlebih dahulu, bulat2kan kemudian pipihkan agak tipis.
    5. goreng sampai bewarna coklat muda, kalau mau dimakan bisa digoreng lagi.
    6. untuk penyimpanan bisa di freezer, sebelum di goreng diamkan di suhu ruang terlebih dahulu

0 komentar: