Senin, 14 Januari 2008

DONAT JCO

Lagi rame ngomongin donat jco jadi pingin coba nih... aku buat 1/2 resep.
Setengah resep aja jadinya banyak banget sampe 3 hari ngga abis2 . Adonan yg sudah dicetak aku taro di freezer jadi rasanya tetep empuk. Kalo mau di goreng aja baru deh dikeluarin.


Photobucket


DONAT ALA J’Co
Source : Lezaat - NCC Cooking Show 18 November 2006

Bahan A :
• 850 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
• 11 gr ragi instant
• 10 gr garam
• 600 ml air matang (kalo pake tepung cakra, kurangi 75 - 100 ml)

Bahan B :
• 200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
• 10 gr garam
• 60 gr susu bubuk FC
• 125 gr gula pasir
• 100 gr telur (2 tlr)
• 125 gr mentega putih / shortening


Cara Membuat :
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10 menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.
Note :
• Jika menggunakan Tepung Cakra, takaran air harus dikurangi sebanyak 75 s.d 100 ml

5 komentar:

Celeo Food mengatakan...

Mba nani, salam kenal yaa.. aku sandhy member NCC juga. Mau tanya dikit, kalo disimpan di freezer apakah adonannya masih tetap bisa mengembang dengan baik? setau saya ragi akan 'mati' jika suhu dibawah 0. Terimakasih ya, mba...

CINAMON CAKE mengatakan...

mba sandhy lam kenal juga. adonan donat masuk ke freezer memang bertujuan agar tidak mengalami fermentasi lagi. tp pada saat mau masukkin ke kulkas pastikan donat sdh mengembang sempurna.

Celeo Food mengatakan...

Thanks ya mba nani atas reponnya... Btw, sebelum digoreng adonan dari freezer harus dikembalikan ke suhu ruang dulu atau bisa langsung goreng mba? Aku mau coba untuk bekal anak2 sekolah. Maaf ya mba tanya melulu.. :)

CINAMON CAKE mengatakan...

sebaiknya kembalikan ke suhu ruang ya... tapi aku suka ngga sabaran jadi paling diemin sebentar trus goreng deh tapi tetap empuk dan enak kok. kalo mau masukin ke freezer donatnya masukin ke wadah lalu tutup rapat.

Celeo Food mengatakan...

Mba nani, thanks so much for sharing...